1. Forum ini menggunakan cookies. Dengan terus mengunjungi forum ini, kamu setuju untuk menggunakan cookies. Pelajari Lebih Lanjut.
  2. Marhaban Ya Ramadhan Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1438 untuk kakak yang menjalankan semoga amal baik & ibadah kakak di terima oleh Allah S.W.T Amiin

    Seperti tahun yang sebelumnya. Untuk sementara pendaftaran fans baru di nonaktifkan selama bulan puasa ini. Fokus sama ibadahnya dulu ya kak terimakasih. MFID~

[TIPS] [MIUI] Apa itu?

Diskusi di 'Seputar MIUI ROMs' dimulai si inisial M, 8 Nov 2015.

  1. inisial M

    inisial M Pembantu Kontributor Perintis Care Eksperimen 5+

    11,753
    6,919
    445
    MiFans:
    Indonesia
    Device:
    Mi 4
    C.Rom:
    AEX
    Recovery:
    TWRP 3.1.0
    Versi Android:
    7.1.2
    Author
    Dari Wikipedia bahasa Indonesia
    MIUI (dibaca "mi-yu-ai"), yang dikembangkan oleh Xiaomi, adalah perangkat tegar stok dan alternatif untuk telepon cerdas dan komputer tablet yang berbasis pada perangkat lunak bebas sistem operasi Android. Antarmuka ini mirip dengan dan bersaing dengan antarmuka iOS milik Apple dan TouchWiz milik Samsung. MIUI mencakup berbagai fitur yang tidak tersedia dalam stok Android termasuk dukungan tema.

    Perkembangan

    Awalnya firmware MIUI dikembangkan berdasarkan sumber Android 2.2.X Froyo dan CyanogenMod 6, dan dikembangkan dalam bahasa Tiongkok oleh perusahaan Tiongkok Xiaomi. Xiaomi menambahkan beberapa aplikasi pendukung; Termasuk Notes (catatan), Backup (cadangan), Musik, and Galeri.

    Pembaharuan perangkat lunak biasanya berlangsung pada hari jumat setiap minggunya. MIUI diterjemahkan dan diporting kedalam versi tidak resmi dalam bahasa lain oleh pengembang independen dan kelompok penggemar.


    MIUI dan layanan Google Play
    MIUI tidak menyertakan layanan Google Play di Tiongkok. Namun, Xiaomi telah memperluas distribusinya hingga Hong Kong, Taiwan , and di luar Tiongkok. MIUI yang mempunyai layanan Google Play dan aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Google Maps, Google Play Store dirilis untuk perangkat Xiaomi yang dijual di Hong Kong, Taiwan, dan negara di luar Tiongkok seperti India, Singapore, Malaysia and Indonesia.

    Nama
    MIUI terdiri dari dua bagian, MI dan UI, di mana UI merupakan singkatan dari User Interface (bahasa Indonesia: Antarmuka Pengguna) dan MI, seperti yang dikatakan Xiaomi, merupakan singkatan dari Mobile Internet dan Mission Impossible, yang mencerminkan hambatan yang dihadapi dalam memulai perusahaan Xiaomi.

    Perangkat
    Xiaomi telah merilis berbagai perangkat ponsel, semuanya telah terpasang firmware MIUI. Namun beberapa pengembang independen telah mem-porting MIUI ke beberapa perangkat ponsel non-Xiaomi secara tidak resmi, seperti MIUI untuk perangkat ponsel Samsung, Oppo, LG, dan lain-lain.

    Penciptaan modifikasi OS Android yang bernama CyanogenMod yang dipelopori oleh seorang developer yaitu “Steve Kondik” menjadi inspirasi kemunculan modifikasi OS android baru yakni MiUI, yang saat ini banyak digunakan di pada smartphone, pablet dan tablet milik sebuah perusahaan asal Negeri Tirai Bambu yakni Xiaomi. Lalu apa saya yang menjadi kelebihan MIUI 7? Sebelum kita bahas MiUI 7, kita bahas dulu kelebihan MiUI secara umum berikut ini:

    Dari Bedakan Smartphone
    1. Kustomisasi Membludak
    Xiaomi sangat mengerti akan kebutuhan konsumennya masing-masing dengan menawarkan ratusan theme yang bisa dipilih oleh pengguna samartphone, phablet dan tablet Xiaomi. Dari sekian banyknya theme tersebut, ada yang berbayar dan ada juga yang free/ gratis. Kelebihan theme MIUI ini adalah kamu bisa mengkustomisasi lockscreen, mengganti semua icon dan bahkan booting pun juga bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan user-nya.

    2. Hemat Internet Sekaligus Satpam
    Fitur yang terdapat dalam MiUI ini sama seperti aplikasi Droidwall yang sudah saya posting disini 30 Daftar Aplikasi Android Penting Setelah di Root. Jika kamu bukan pengguna Xiaomi, kamu bisa mendowload aplikasi tersebut. Demi keamanan dan kenyamanan pengguna dalam memegang perangkat Xiaomi, MiUI menawarkan satu set fitur security untuk dijadikan satpam ponsel. Melalui aplikasi ini, user dapat mematikan akses internet pada aplikasi tertentu yang tidak diinginkan. Selain itu, fitur Spam filter juga bisa membuat pengguna menjadi semakin aman dalam menggunakan ponsel kesayangannya.

    3. Permissions Manager
    Semua aplikasi yang memiliki akses izin bisa dilihat dalam aplikasi ini. Jika pengguna tidak menginginkan aplikasi tersebut untuk mengakses izin, pengguna bisa langsung menghapusnya sesuai dengan keinginan. Aplikasi ini sangat berguna sehingga tidak perlu lagi menginstall aplikasi SuperUser untuk membuka source perangkat kamu.

    4. Fitur Canggih Musik Player
    Tak ketinggalan, Xiaomi juga menyematkan beberapa fitur canggih pada pemutar musiknya yakni shake-to-skip, automatically view synced lyrics, listen to radio, opt to automatically download album art, checkout, memutar lagu dari billboard 100, dsb. Selian itu, Xiaomi juga menyematkan fitur lockscreen music-control agar pengguna menjadi sangat nyaman dan mudah untuk memainkan musik.

    5. Data Statistics
    Melalui ROM modifikasi ini, user dapat diberitahukan penggunaan data pada perangkat kamu melebihi limit data. Pengguna juga bisa melihat details dari semua sumber yang digunakan oleh aplikasi ponsel Xiaomi. Selain itu, pengguna bisa merubah limit data sesuai dengan kemaunnya sendiri. Melalui fitur ini kamu bisa mengetahui semua data statistik yang berjalan memakai dan memakan kuota internet kamu.

    6. Fasilitas Mi-Cloud
    Melalui aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah membackup semua data-data penting pada perangkat yang dimilikinya user seperti data kontak, data pesan, data picture, dan lain sebagainya yang dianggap penting bagi kamu. Hal ini membuat kamu tidak perlu hawatir kehilangan data yang menurut kamu begitu penting dengan adanya fitur ini.

    7. Terhindar dari Orang Iseng
    Pengguna bisa masuk melalui menu Settings => Call Guard => Identify unknown caller smartly dan enable service. Dengan menggunakan fitur ini pengguna dapat terhindar dari gangguan telpon orang yang iseng atau orang yang tidak dikenal. Oleh karena itu, pengguna bisa merasa aman dari orang-orang yang iseng yang tidak kita kenali.

    Kelebihan MiUI 7
    Bila dibandingkan dengan pendahulunya yakni MiUI 4, MiUI 5 atau MiUI 6, Kelebihan yang terdapat pada MiUI 7 menjadi penyempurna Ui besutan pabrik Tirai Bambu ini. Bagaimana tidak, fitur tambahan yang disediakan dalam modifikasi OS Android ini sangat beragam. Berikut ini ulasannya:

    MiUI 7 menggunakan sistem paralel. Jika dulu pada MiUI 6 pemerosesan data satu per satu sehingga membuat respon launcer menjadi lambat. Sedangkan pada MiUI 7 repon launcer antara loading data dan loading animasi berjalan secara bersamaan sehingga membuat peforma ponsel menjadi semakin cepat. Hemat Baterai. Jika pada MiUI 6 saja baterainya sudah hemat, apalagi pada MiUI 7 ini sudah pasti tidak diragukan lagi.

    Fast Charging. Meskipun Xiaomi Redmi Note 2 dibarol murah tetapi Xiaomi membenamkan fitur unggulan yang terdapat pada ponsel premium yakni "Flash Charging". Melalui fitur ini mengisi daya baterai menjadi semakin cepat, hanya butuh 30 menit saja untuk pengisian 60 persen dari kapasitas baterai.

    Fitur Daily Lockscreen. Sesuai dengan namanya, daily artinya hari sedangkan lock-screen artinya pengunci layar. Jadi fitur ini memungkinkan ponsel mengganti lock-screen setiap hari secara otomatis.

    Fitur Xiaotime. Melalui fitur ini, pengguna ponsel bisa menelfon sesama pengguna MiUI 7, panggilan kamu bisa terekam menjadi video pendek di ponsel.

    Data Saver. Kecanggihan dari fitur ini adalah bisa melakukan kompresi pada paket data kamu, jadi jila kamu menggunakan paket data internet yang cukup besar, fitur ini akan mengkompresinya.

    Siap menggunakan MIUI? :se7:
     
    Aydin, Rossonero, Ri_Vans & 2 lainnya menyukai ini.
  2. zulfansentana

    zulfansentana Fans Baru

    29
    1
    3
    MiFans:
    Majalengka
    Device:
    Redmi 3S
    Versi Android:
    6.0.1
    Kakak kakak mastah mau tanya.
    Apakah smartphone Xiaomi.. berada pada puncak performanya di MIUI??
    Apabila kita mengganti MIUI menjadi yang lain.. contohnya Lineage, apakah akan mempengaruhi kinerja dari smartphone karena bukan UI bawaaanya..
    Sekian.. minta penjelasannya
     

Bagikan Halaman Ini